Tutorial Fotografi (Pengguna Baru)

Hal terpenting dalam penekunan profesi ini adalah “niat”. Karena dengan niat yang sungguh-sungguh, kamera apapun yang akan kita gunakan akan sesuai untuk memenuhi hasrat mengumpulkanframe demi frame yang indah, unik dan eksentrik. Tergantung kepada kita, bagaimana proses selanjutnya mengolah suatu gambar tersebut. Di sana, diuji daya imaji kita untuk mengembangkan aspirasi yang kita miliki.

Bila kita kaji secara teknologi, terbagi dua jenis kamera, yaitu:
  1. Kamera analog
FJCS36Kamerajenis ini masih menggunakan media film sebagai penyimpanan frame yangdiambil, jenis kamera ini sudah mulai banyak ditinggalkan karena biayayang relatif mahal untuk perawatan serta operasional nya. Tetapi masihada beberapa die hard yang masih memakai kamera tipe ini karena memangada beberapa tehnik yang cuma bisa dilakukan dengan kamera jenis ini.

2. Kamera digital.
Kamera jenis ini merupakan main streamsekarang. Hampir 90% dari kamera yang kita lihat saat ini adalah kameradigital. Kamera tipe ini menggunakan media penyimpanan digital untukpenyimpanan frame biasanya berupa memory card, compact flash, ataubahkan harddisk. Biaya operasional kamera ini paling murah karena hasilframe dapat disimpan dalam media digital yang tidak memakan banyaktempat dan perawatan minimal.
Ada beberapa jenis kamera digital yang dapat dipilih saat ini antara lain :
  • Digital pocket point and shot
071809_0153_Tutorialfot2.jpgJeniskamera digital ini merupakan jenis yang paling sederhana sesuai namanyakamera ini dapat digunakan sesederhana point & shot tidak adapenyetelan tingkat lanjut yang aneh” yang dapat membingungkan user-nya…umumnya digunakan oleh pemula ataupun sekedar untuk mengambil foto”biasa. Walaupun saat ini sudah mulai banyak kamera point & shotyangdilengkapi fitur beraneka ragam tetapi jenis kamera ini masihkurang cukup untuk mendapatkan foto” kreatif yang memerlukan teknik”tertentu.
Pro : Kompak, Sederhana
Kontra : Spesifikasi cenderung rendah
  • Digital Prosumer
071809_0153_Tutorialfot3.jpgJenis yang satu ini satu tingkat lebih tinggi daripada kamera point& shot biasa. Biasanya dilengkapi dengan sensor lebih baik sertaspesifikasi lain yang lebih tinggi. Tidak jarang juga kamera jenis inidilengkapi dengan focal length (zoom) yang cukup tinggi. Memiliki lebihbanyak setting yang dapat membantu pengambilan foto” kreatif tapi jugamasih dilengkapi berbagai macam fitur” yang dapat membantu penggunapemula untuk mendapatkan foto yang lebih baik. Perlu diingat kameratipe ini umumnya menggunakan fixed lens sehingga pengguna dibatasidengan lensa tertentu.
Pro : Cocok untuk entry fotografer
Kontra : Cenderung lebih besar dan berat dibanding kamera point & shot

  • DSLR (Digital Single Lens Reflect)
071809_0153_Tutorialfot4.jpgJenisini yang biasa digunakan oleh para fotografer baik pemula sampaiprofesional. Menggunakan interchangeable lens sehingga sebuah body DSLRdapat diganti” dengan berbagai jenis kamera yang berbeda” tipe. Tipeini masih memiliki beberapa jenis lagi.

# Sensor Crop Factor
Menggunakan sensor yang lebih kecildari film 35mm. tergantung kerapatan pixelnya sensor ini sudah lumayanbagus untuk sebuah DSLR serta memiliki keuntungan dalam pemotretan telekarena crop factornya misal dengan menggunakan lensa berfocal length200mm pada body DSLR yang memiliki crop factor 1.5x maka kita dapatmendapatkan focal length maximum hingga 300mm.

# Sensor Full Frame
Menggunakan ukuran sensor yang samadengan film 35mm biasanya diikuti dengan kemampuan sensor yang tinggisehingga dapat menghasilkan kualitas foto yang tinggi.

#Medium Format
Memiliki sensor yang lebih besardaripada film 35mm kamera tipe ini biasanya digunakan untuk keperluan”khusus yang mewajibkan hasil cetak dalam ukuran yang teramat sangatbesar.
Pro : Interchangeable lens, Accesoris yang berlimpah, kualitas foto yang tinggi
Kontra : Harga cenderung lebih mahal, Operasi yang cenderung lebih rumit
  • Kamera SLD(Single Lens Direct ?)/FT(Four Third)/MFT(Micro Four Third)
071809_0153_Tutorialfot5.jpgInimerupakan jenis kamera yang terbaru. Menyerupai DSLR denganinterchangeable lens kamera ini memiliki mekanisme yang berbeda denganDSLR, lebih ringan dan kecil dibandingkan DLSR namun memiliki kualitasfoto yang hampir setara dengan DSLR menempatkan kamera ini sebagaigenerasi masa depan dari kamera.
Pro : Kualitas DSLR ukuran pocket point & shot
Kontra : Harga yang masih cukup tinggi.

Sekarang tinggal memilih jenis kamera yang sesuai dengan kebutuhan anda dan tentunya dengan budget anda.
Artikel ini dibuat sepenuhnyaberdasarkan pengetahuan saya serta beberapa riset kecil jadi tutorialini benar” newbie. Komentar anda akan sangat membangun saya untukmembuat tutorial yang lebih baik lagi.
Share this article now on :

Video Terbaru

Lokananta Sastra

Biang Gosip
Aku Ingin Pulang
Syairku adalah Tuhan
Aku Sih Seneng Aja!!!
Novelet Rindu
Kampanye Wayang Kulit

Baca artikel selengkapnya di emailmu