Tentang Photoshop

Adobe Photoshop, atau biasa disebut Photoshop, adalah perangkat lunakeditor citra buatan Adobe Systems yang dikhususkan untuk pengeditanfoto/gambar dan pembuatan efek. Perangkat lunak ini banyak digunakanoleh fotografer digital dan perusahaan iklan sehingga dianggap sebagaipemimpin pasar (market leader) untuk perangkat lunak pengolah gambar,dan, bersama Adobe Acrobat, dianggap sebagai produk terbaik yang pernahdiproduksi oleh Adobe Systems. Versi kedelapan aplikasi ini disebutdengan nama Photoshop CS, versi sembilan disebut Photoshop CS2 danterakhir ini adalah Adobe Photoshop CS3 (Creative Suite).

Photoshoptersedia untuk Microsoft Windows, Mac OS X, dan Mac OS; versi 9 ke atasjuga dapat digunakan oleh sistem operasi lain seperti Linux denganbantuan perangkat lunak tertentu seperti CrossOver.

Adobe Photoshop CS2 yang berjalan pada Mac OS X


Fitur

Meskipunpada awalnya Photoshop dirancang untuk menyunting gambar untuk cetakanberbasis-kertas, Photoshop yang ada saat ini juga dapat digunakan untukmemproduksi gambar untuk World Wide Web. Beberapa versi terakhir jugamenyertakan aplikasi tambahan, Adobe ImageReady, untuk keperluantersebut.

Photoshop juga memiliki hubungan erat dengan beberapaperangkat lunak penyunting media, animasi, dan authoring buatan-Adobelainnya. File format asli Photoshop, .PSD, dapat diekspor ke dan dariAdobe ImageReady. Adobe Illustrator, Adobe Premiere Pro, After Effectsdan Adobe Encore DVD untuk membuat DVD profesional, menyediakanpenyuntingan gambar non-linear dan layanan special effect sepertibackground, tekstur, dan lain-lain untuk keperluan televisi, film, dansitus web. Sebagai contoh, Photoshop CS dapat digunakan untuk membuatmenu dan tombol (button) DVD.

Photoshop dapat menerima penggunaan beberapa model warna:
RGB color model
Lab color model
CMYK color model
Grayscale
Bitmap
Duotone

Versiterbarunya, yang dirilis pada tahun 2005, adalah versi 9. Program inidipasarkan dengan nama "Photoshop CS2." "CS" merefleksikan integrasiproduk Photoshop dengan aplikasi "Creative Suite buatan Adobe dandisebut "2" karena program ini adalah versi rilis ke-2 sejak Adobemengintegrasikan kedua produknya. Ada beberapa pada tambahan padaPhotoshop CS2 seperti multiple layer selecting dan "warp," versi kurvadari transform tool dan color replacement tool, yang sebelumnya hadirsebagai plug-in 8BF.

Untuk para penggemar fotografi, Adobemenyediakan filter "reduce grain" (mengurangi grain) yang dapatmembantu mengoptimalkan foto yang diambil pada kondisi kekurangancahaya. Untuk "memperjelas" perbedaan produk CS dengan produk-produkPhotoshop sebelumnya, Adobe menghilangkan lambang mata Photshop, yangdipresentasikan dalam bentuk yang berbeda-beda sejak versi 3 sampaiversi 7. Photshop CS dan CS2 kini menggunakan bulu sebagai ikon danbentuk identifikasinya.

The icon for Photoshop CS3 Beta.


Versibeta Photoshop CS3 telah dirilis untuk pengguna CS2 pada tanggal 15Desember 2006. Berbeda dengan Photoshop CS dan CS2 yang menggunakanbulu sebagai logonya, Logo untuk edisi ketiga ini berbentuk tipografi,dengan huruf 'Ps' berwarna putih dan berlatar belakang biru-gradien.

Camera RAW 3.x
Click to see original size

Versiterakhirnya dilengkapi dengan Adobe Camera RAW, sebuah plugin yangdikembangkan oleh Thomas Knoll yang dapat membaca beberapa format fileRAW dari kamera digital dan mengimpornya langsung ke Photoshop. Versiawal RAW plugin ini juga tersedia untuk Photoshop 7.0.1 dengan tambahanbiaya $99 USD.

Secara Photoshop adalah sebuah program penyuntinggambar standar industri yang ditujukan untuk para profsional rastergrafik, harga yang ditawarkan pun cukup tinggi; kira-kira US$600.Keadaan ini memancing beberapa programer untuk merancang peralatangrafik (graphics tools) dengan harga yang lebih terjangkau. Untukmenghadapi persaingan ini, dan untuk menghadapi pembajakan produknya,Adobe memperkenalkan Photoshop Elements, sebuah versi lain dariPhotoshop yang lebih minimalis, dengan harga terjangkau; di bawahUS$100. Produk ini ditujukan untuk pengguna rumahan dan menghilangkanbeberapa fitur profesional.

Dampak terhadap industri

Pengembanganmanipulasi gambar digital banyak mempengaruhi industri fotografi.Pengembangan tersebut menciptakan seni pengolah gambar (photoretouching) dan mengubah cara kerja: produk yang biasanya hanya dapatdiciptakan oleh fotografer profesional selama berjam-jam atau bahkanberhari-hari, kini dapat diproduksi oleh seniman amatir sekalipun.Manipulasi gambar digital telah menyumbang begitu banyak hal kepadadunia fotografi dengan memungkinkan manipulasi yang awalnya sulit ataubahkan tak mungkin. Photoshop berperan besar dalam perkembangan duniadigital saat ini.

Pada masa revolusi fotografi digital di tahun90-an, Photoshop menjadi standar di dunia industri. Banyak fotograferyang menggunakan program ini untuk mengoptimalkan hasil akhir foto yangmereka ciptakan.

Dengan kehadiran tablet grafik, terutama dariWacom, program seperti Adobe Photoshop dan Corel Painter semakindibutuhkan untuk menciptakan gambar orisinal. Dengan menggunakanpressure sensitive tablet dapat meningkatkan efek paint brush, eraser,atau tool lainnya. Tablet digunakan secara global oleh para ilustratorkomik profesional, arsitek, seniman studio, dan lainnya. Bahkan ILM,perusahaan spesial efek yang berperan dalam produksi film Star Wars,menggunakan tablet yang dikombinasikan dengan Photoshop untukmengoptimalkan hasil-produksinya.

Kebudayaan

KataPhotoshopping muncul sebagai sebuah neologisme, yang berarti"menyunting sebuah gambar", meskipun pengolahan gambar itu sendiritidak menggunakan Photoshop sebagai programnya (sama seperti Googleyang saat ini dapat digunakan sebagai kata kerja). Adobe discouragesuse of the term [1] out of fear that it will undermine the company'strademark. The term photoshop is also used as a noun referring to thealtered image.

Photoshopping gambar untuk tujuan humor menjadipopuler dikalangan anggota beberapa website seperti Something Awful danFark. Kontes Photoshop juga menjadi sebuah tradisi bagi para penggunasoftware ini.

Muncul juga istilah "Photoshop abis!" yangterkadang digunakan juga untuk "merendahkan" suatu gambar yang terlalubanyak diolah, sehingga berbeda jauh dari gambar aslinya.

Pengembangan
Kakak-beradikThomas dan John Knoll memulai pengembangan Photoshop di tahun 1987.Versi 1 dirilis oleh Adobe pada tahun 1990. Versi awal Photoshop yangdiberi nama "Knoll Software" dirilis sebelum kerjasama dengan Adoberesmi dibuat. Photoshop versi pertama ini berukuran 1.4 MB. Lebih jauh,aplikasi Photoshop 0.63 lengkap dengan manual online dapat disimpandalam disket dan bahkan masih menyisakan 200kb disk space bebas.

Alternatif
Adabeberapa perangkat lunak yang dapat digunakan sebagai ganti Photoshop,yang paling terkenal adalah Coler Photo-Paint (sepaket denganCorelDRAW, Corel Painter, Corel Paint Shop Pro Photo XI dan UleadPhotoImpact. Perangkat lunak lainnya termasuk Helicon Filter, GIMP,openCanvas, Paint.NET, dan Pixel image editor.

Share this article now on :

Lokananta Sastra

Biang Gosip
Aku Ingin Pulang
Syairku adalah Tuhan
Aku Sih Seneng Aja!!!
Novelet Rindu
Kampanye Wayang Kulit
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Baca artikel selengkapnya di emailmu